oleh

Mulai Desember PKL di Lapangan Pancasila Akan Bayar Retribusi, Ini Besarannya

RADARLUWURAYA – Badan Pendapan Daerah (Bapenda) akan melakukan pemungutan pajak dan retribusi buat pedagang kaki lima (PKL) di Lapangan Pancasila berdasarkan uji petik beberapa bulan yang lalu sejumlah 203 lapak akan dikenakan retribusi dan pajak daerah.

Sesuai data yang diperoleh dari Bapenda Palopo, pemungutan retribusi buat PKL di Lapangan Pancasila yaitu, Retribusi Persampahan  berdasarkan Peraturan Daerah No 7 Tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Umum, untuk retribusi penggunaan pelataran umum berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Usaha, dan Pajak Hiburan untuk objek pajak hiburan yaitu pengusaha odong-odong dan permainan anak-anak yang ada di Lapangan Pancasila.

BACA JUGA: Tes SKD CPNS Luwu Timur Dilaksanakan di YPS

Kepala Bidang Pelayanan dan Penagihan Bapenda Palopo, Irfan Dahri mengatakan untuk besar pajak maupun retribusi untuk pengusaha yang ada di Lapangan Pancasila untuk retribusi persampahan sejumlah Rp 500 per hari, retribusi penggunaan pelataran sejumlah Rp200 per meter per hari, dan pajak hiburan sebesar 20 persen dari omzet.

“Untuk waktu pemungutan pajak dan retribusi tersebut, rencana akhir bulan desember kami turun ke lapangan melakukan penagihan. Tapi kami akan lakukan kordinasi dan bersama Pemerintah Kelurahan Tompotikka dan Kecamatan Wara untuk membahas teknis penagihannya,” kata Irfan.

Dia mengaku dalam waktu dekat ini, pihaknya akan turun untuk melakukan sosialisasi terkait penerapan penarikan retribusi dan pajak daerah itu.

  • Retribusi Sampah = Rp500 / Hari
  • Retribusi Penggunaan Pelataran = Rp200 / Meter / Hari
  • Pajak Hiburan (Untuk usaha permainan dan hiburan) = 20% dari Omzet

(Jhon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *