oleh

Ini Kisi-Kisi Soal pada SKD CPNS 2018, Simak Yuk!

RADARLUWURAYA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) ternyata telah membocorkan kisi-kisi materi yang akan akan diujikan pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 mendatang.

Melalui akun twitter di @bkngoid, disebutkan tentang materi yang akan diuji tersebut. “Setelah tahapan pendaftaran, apabila kamu lolos verifikasi administrasi maka tahapan selanjutnya yang harus dilalui adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Yuk #SobatBKN kita bahas bersama materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada CPNS 2018,” sebut admin @bkngoid.

Di dalam SKD, terdapat tiga aspek yang akan diuji, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Soal TKP pada SKD berjumlah 35 soal, bertujuan melihat kemampuan  beradaptasi, bekerja secara tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoax & SARA, dan lainnya.

Materi TKP yang akan diuji yakni tentang sosial budaya, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi, memampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, pelayanan publik, Teknologi informasi dan komunikasi, orientasi kepada orang lain, kemampuan berdasaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemampuan belajar dan berkelanjutan, serta orientasi pada pelayanan.

Untuk aspek TIU berjumlah sebanyak 30 soal, mengukur seberapa cakap peserta dalam logika, verbal, figural & analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru. Materi yang akan diuji mencakup Kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan figural, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Sementara untuk aspek TWK berjumlah sebanyak 35 soal, yang bertujuan untuk memastikan calon ASN adalah penjamin kesatuan & persatuan bangsa. Materi yang akan dites yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara,  dan Bahasa Indonesia.

Nah, bagi anda yang ingin menguji kemampuan dalam tes SKD nanti, BKN sudah menyiapkan halaman untuk simulasi Computer Assisted Test yang bisa diakses di link berikut: CAT BKN

Selamat Mencoba!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *